PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
PASCASARJANA UNIMED
Visi:
Program Studi Magister Pendidikan Biologi menjadi komunitas akademik unggulan yang mampu melakukan penelitian pendidikan biologi dan biologi guna mengembangkan pembelajaran biologi.
Misi:
- Menyelenggarakan pendidikan biologi tingkat pascasarjana untuk peningkatan mutu lulusan khususnya tenaga kependidikan.
- Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan biologi dan biologi yang berimplikasi pada pembelajaran biologi di sekolah.
- Menjalin kerjasama melalui pelatihan dengan lembaga kependidikan, lembaga pelatihan, dan industri baik dalam negeri maupun luar negeri.
Kompetensi Lulusan:
Lulusan dari Prodi Magister Pendidikan Biologi diharapkan akan kompeten dalam:
- Membelajarkan mata pelajaran/kuliah biologi dengan berbagai metode dan media pebelajaran yang inovatif.
- Merancang pembelajaran biologi dengan berbagai alternatif metode berdasarkan variasi materi pelajaran dan keadaan siswa.
- Merancang dan membuat media pembelajaran biologi berbasis IT dan ICT.
- Melaksanakan supervisi terhadap keterampilan guru merancang pembelajaran dan proses pembelajaran oleh guru.
- Melakukan penelitian dalam pembelajaran biologi.
- Mengintegrasikan perkembangan terakhir baik dalam bidang materi biologi maupun pendekatan pembelajaran biologi.
Kurikulum:
Kurikulum Prodi Magister Pendidikan disusun dan dilaksanakan berbasis kompetensi dan blok. Dengan model kurikulum ini diharapkan lulusan memiliki kompetensi yang jelas sebagai pendidik biologi. Pembelajaran disampaikan dengan mengutamakan keaktifan mahasiswa (student centered) karena perkuliahan mengutamakan pembelajaran dengan pendekatan metode:
· Diskusi;
· Riset mini;
· Projek mini;
· Curah pendapat;
· dll
Sebaran Mata Kuliah Prodi Pendidikan Biologi
NO | MATAKULIAH | SKS | SEM. |
1 | Bahasa Inggris Biologu & Pendidikan Biologi | 2 | I |
2 | Filsafat Biologi dan Bioetika | 2 | I |
3 | Kurikulum & Strategi pembelajaran Biologi | 3 | I |
4 | Biologi Sel dan Molekuler | 2 | I |
5 | Fisiologi | 3 | I |
6 | Teknologi Informasi Pembelajaran Biologi | 2 | I |
7 | Perencanaan & Media Pembelajaran Biologi | 3 | II |
8 | Ekologi dan Lingkungan | 3 | II |
9 | Genetika dan Evolusi | 3 | II |
10 | Bioteknologi | 2 | II |
11 | Metodologi Penelitian Pendidikan Biologi | 3 | II |
12 | Evaluasi & Asesmen Pembelajaran Biologi | 3 | III |
13 | Mikrobiologi Terapan | 3 | III |
14 | Kultur Jaringan | 3 | III |
15 | Statistika Pendidikan Biologi | 3 | III |
16 | Tesis | 6 | IV |
Payung Penelitian untuk Tesis Mahasiswa:
· Masalah belajar peserta didik di kelas dan luar kelas, kesalahan pembelajaran, miskonsepsi tentang berbagai materi biologi, dan peningkatan hasil belajar.
· Rancangan dan strategi pembelajaran di kelas, pengelolaan dan prosedur pembelajaran, inovasi metode pembelajaran, interaksi di dalam kelas, dan partisipasi orang tua dalam proses belajar peserta didik.
· Peranan dan pembuatan media pembelajaran seperti IT dan ICT, multi media, alat pembelajaran, dan sumber belajar di dalam dan di luar kelas.
· Sistem asesmen dan evaluasi proses dan hasil pembelajaran serta pengembangan instrumen asesmen berbasis kompetensi.
· Pengembangan pribadi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya, peningkatan kemandirian dan tanggung jawab peserta didik, peningkatan keefektifan hubungan pendidik, peserta didik dan orang tua dalam proses pembelajaran, peningkatan konsep diri peserta didik, interaksi antara peserta didik, peserta didik-materi ajar, dan peserta didik-lingkungan belajar.
· Masalah kurikulum, penerapan kurikulum, dan urutan penyajian materi.
· Masalah-masalah biologi yang bersinggungan dengan pembelajaran biologi dan berimplikasi terhadap pengembangan materi biologi.
Staf Pengajar dan Pengelola Prodi:
No | NAMA | Alumni S2 & S3 | Spesialisasi |
1. | Dr. Hasruddin, M.Pd. | · UM Malang · UM Malang | · Pendidikan Biologi |
2. | Dr. Elly Djulia, M.Pd. | · UPI Bandung · UPI Bandung | · Pendidikan IPA (sains) |
3. | Dr. Fauziyah Harahap, M.Si. | · IPB Bogor · IPB Bogor | · Kultur Jaringan dan Bioteknologi |
4. | Syarifuddin, M.Sc., Ph.D. | · McGill University, Montreal, Canada · La Trobe University Australia | · Biologi Lingkungan; · Ekologi Tingkah Laku; · Fish Ecology |
5. | Prof. Dr. Herbert Sipahutar, M.Sc. | · ITB Bandung · Universite De Caen, France | · Ekotoksikologi, · Fisiologi Lingkungan |
6. | Dr. rer.nat. Binari Manurung, M.Si. | · ITB Bandung · Martin Luther Universitaet, Halle, Germany | · Ekologi Serangga, · Pengendalian Biologis |
7. | Dr. Syahmi Edi, M.Si. | · IPB Bogor · IPB Bogor | · Kultur Jaringan Tumbuhan |
8. | Prof. Amrin Saragih, M.A., Ph.D. | · University of Sydney, Sydney, Australia · La Trobe University, Australia | · Science English |
9. | Dr. Nooryan Bahari, M.Sn. | · ITB Bandung · ITB Bandung | · Media Pembelajaran |
10. | Prof. Dr. M. Badiran, M.Pd. | · UNJ Jakarta · UNJ Jakarta | · Teknologi Pendidikan |
11. | Dr. Ramlan Silaban, M.Si. | · ITB Bandung · ITB Bandung | · Biokimia; · Bioteknologi. |
Ketua Prodi : Dr. Hasruddin, M.Pd.
Sekretaris : Dr. Fauziyah Harahap, M.Si.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar